Komitmen PGN untuk Menambah Jaringan Gas Rumah Tangga

14 Dec 2015

Perusahaan Gas Negara (PGN) adalah perusahaan gas terbesar di Indonesia yang menjadi pemasok jaringan gas dengan pelanggan paling banyak. Ada berbagai lapisan pelanggan yang dilayani oleh perusahaan yang satu ini mulai dari perusahaan atau pabrik yang membutuhkan listrik besar hingga pelanggan rumah tangga.

Dari data yang ada, pelanggan rumah tangga merupakan pelanggan paling banyak PGN yang kini ditargetkan diperbanyak agar makin banyak rumah tangga yang bisa menikmati jaringan gas ini.

Maka, saat ini, PGN mulai melakukan banyak cara untuk mewujudkan targetnya tersebut, jelas Hendi Prio Santoso selaku Durektur Utama dari Perusahaan Gas Negara tersebut. Hal pertama dari PGN adalah dengan terus mengembangkan jaringan yang ada dengan biaya dari perusahaan sendiri.

Hasil dari inovasi pertama ini membuktikan bahwa PGN telah berhasil memperluas jaringan. Kini, setidaknya, telah ada 100 ribu jaringan gas dari PGN yang tersebar di Pulau Jawa meliputi semua provinsi yang ada dan di Pulau Sumatra di tiga provinsi dengan penggunaan jaringan gas paling banyak.

Hendi Prio Santoso juga menjelaskan tentang bagaimana PGN memenuhi seluruh kebutuhan gas di rumah tangga. Yang pertama, PGN menggunakan pipa-pipa yang disalurkan ke dalam perut bumi untuk mengambil gas bumi. Selain itu, PGN juga mengambil CNG dari Jawa Timur yang disalurkan ke salah satu daerah Semarang bernama Tambak Aji.

Lalu, fokus dari perluasan jaringan PGN tersebut ialah rumah tangga yang belum terjangkau di daerah yang sebagian telah menggunakan jaringan gas dan di daerah yang masih belum terjamah oleh PGN.

Untuk hal kedua yang dilakukan PGN, tutur Hendi Prio Santoso adalah dengan bersinergi bersama Kementrian ESDM. Bahkan, pada 19 Oktober 2015, Mentri ESDM Sudirman Said telah memberi tugas tersebut secara resmi kepada PGN untuk memberikan jaringan gas ke 11daerah di Jawa maupun Sumatra.

Dari mandat yang diberikan oleh Kementrian ESDM tersebut, Direktur Utama PGN berujar jika komitmen PGN untuk menambah jumlah pelanggan rumah tangga akan makin mudah terwujud.


TAGS Hendi Prio Santoso PGN


-

Author

Follow Me