Jaringan Internet Off, Tetap Harus Produktif

9 Jun 2012

Bagi freelancer yang sangat bergantung dengan internet, mereka bisa menjadi tidak produktif ketika jaringan internet sedang mati, dan kejadian seperti ini tentu bukan hal yang luar biasa di Indonesia, bahkan telah menjadi hal yang sangat lumrah.

Bagaimana mensiasati pekerjaan dan tetap produktif ketika jaringan internet mati? Saya kebetulan sampai pada sebuah artikel di situs Workawesome yang menarik mata saya dengan judulnya, dan mencoba menulis artikel tentangnya, bukan hanya karena tema ini menarik bagi saya tetapi banyak pengalaman yang saya temui dalam pekerjaan sebagai freelancer yang berhubungan dengan kondisi internet di Indonesia.

Freelancer yang saya kenal terbagi dalam, setidaknya dua segmentasi, yang satu bekerja didunia offine dan yang satu lagi sangat bergantung pada jaringan internet atau bekerja online.

Untuk yang bekerja di dunia offline, memang hampir tidak ada masalah dengan putus-nyambungnya internet, mereka tetap bisa bekerja secara produktif secara offline.

Nah, sekarang bagaimana dengan para freelancer yang sangat bergantung dengan jaringan internet agar mereka tetap bisa bekerja dengan produktif? Berikut beberapa ide untuk tetap produktif sebagai freelancer, ketika internet mati, semoga menginspirasi.

Buat buku catatan

Sebenarnya selain dua tipe pekerja freelance seperti yang saya sebutkan diatas, ada satu lagi tipe yang merupakan tipe yang saya sebut freelancer hybrid, dimana mereka bekerja online namun tetap menggunakan alat bantu offline, seperti buku catatan berbentuk buku fisik.

Buku seperti ini bisa digunakan untuk mencatat berbagai daftar kerjaan atau menyusun rencana kerja. Ketika Internet mati, Anda masih bisa bekerja dengan menyusun berbagai rencana yang bisa dikerjakan nanti ketika internet sudah menyala kembali.

Persiapkan sistem kerja offline dan online

Seperti yang dijelaskan diatas, Anda bisa menjadi freelancer hybrid dengan menyiapkan sistem kerja offline dan online. Ketika internet sedang mati Anda bisa bekerja offline, dan ketika internet sudah menyala Anda bisa mulai menjalankan strategi kerja Anda yang telah disusun secara offline. Misalnya menulis bahan tulisan blog di aplikasi kerja, atau membaca PDF yang sudah Anda simpan di folder komputer.

Jadi setiap pekerjaan bisa terus dijalankan secara berkesinambungan, dan freelancer bisa tetap produktif ketika internet sedang mati.

Kerjakan Pekerjaan offline

Meskipun Anda adalah seorang pekerja freelance yang mendapatkan klien dari internet bukan berarti Anda tidak mempunyai pekerjaan offline. Ketika internet sedang mati maka ini kesempatan baik untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan offline Anda, misalnya bertemu klien, bertemu relasi untuk membahas perkembangan proyek, atau pekerjaan offline lain yang tertunda karena Anda sibuk mengerjakan pekerjaan online.

Membaca

Salah satu kegiatan yang bisa membuat Anda tetap produktif ketika internet sedang mati adalah membaca. Anda bisa membaca buku, majalah, atau sumber bacaan lain, Anda juga bisa memilih untuk membaca konten yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, seperti misalnya desainer akan membaca majalah desain. Banyak pengetahuan yang bisa didapatkan di buku/majalah, yang saya yakin akan berguna untuk pekerjan online Anda, apapun jenis pekerjaan freelance yang Anda geluti.

Lakukan hobi: Menonton Film, jalan-jalan

Menjadi produktif bukan hanya tentang bekerja keras tanpa kenal istirahat. Kegiatan refreshing adalah bagian dari cara untuk mempertahankan produktifitas itu sendiri. Tanpa refreshing maka kinerja tidak akan bisa produktif.

Refreshing atau melakukan yang menjadi hobi Anda, bisa menonton film atau berjalan-jalan ke mall, toko buku atau mungkin pergi ke kafe untuk hanya sekedar melihat dunia luar sambil meminum kopi, inspirasi bisa datang dari mana saja, jangan kira berjalan-jalan di mall tidak bisa membuat Anda profuktif, terus terang saya sering mendapatkan banyak bahan tulisan dari berjalan-jalan ini.

Misalkan Anda adalah penulis untuk kolom mode, atau mungkin pekerja freelance yang berhubungan dengan desain interior, mengetahui mode terkini yang dijual di pasaran atau melihat berbagai bentuk toko yang ada di mall akan bisa membantu Anda untuk memberikan semacam bank informasi yang mungkin akan berguna bagi Anda suatu waktu.

Istirahat

Jika Anda merasa istirahat adalah sebuah keigatan membang waktu bagi para freelancer, Anda salah besar. Istirahat adalah sama pentingnya dengan bekerja itu sendiri. Jika internet Anda mati dan Anda tidak mungkin bekerja tanpa bantuan internet, matikan komputer Anda, istirahat sebentar, tidur atau mungkin merebahkan diri pada sofa kesayangan Anda. Ketika internet sudah berjalan normal kembali, Anda akan mendapatkan kesegaran yang bisa membantu Anda menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sudah menumpuk.

Mampir ke Kantor Teman

Salah satu keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari matinya jaringan internet adalah munculnya kesempatan ungtuk melakukan kegiatan lain di luar dunia maya. Anda bisa mampir ke kantor teman dan berdiskusi. Anda bisa berbincang tentang perkembangan terbaru dari barbagai hal yang mungkin juga berhubungan dengan perkerjaan Anda, selain itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai ide baru dengan berdiskusi bersama teman Anda.

Untuk tetap bisa produktif, Anda bisa juga menyusun beberapa pertanyaan atau topik yang akan Anda bicarakan dengan teman Anda ketika Anda mengunjungi kantor mereka.

Atur Meetup Bersama Relasi atau Kenalan

Ini mirip dengan berkunjung ke kantor teman, bedanya Anda bisa mengajak beberapa orang dari beberapa kantor atau mungkin juga teman Anda yang lain. Meetup kecil ini bisa dilakukan di kafe, atau salah satu kantor teman tertentu, bisa juga dengan topik tertentu atau tanpa topik. Secara tidak langsung ketika berbagai teman dari berbagai latar belakang yang berbeda berkumpul, akan banyak topik yang bisa muncul dan diskusi bisa berlangsung seru, dengan ini ide bisa muncul dengan sendirinya.

Menjadi produktif memang akan berfokus pada kerja itu sendiri, namun diluat pekerjaan banyak cara untuk tetap menjaga produktifitas agar tetap prima. Internet bisa menjadi alat utama dalam mengembangkan karir di dunia freelancer, namun aktivitas online tidak selamanya bisa menggantikan berbagai pekerjaan offline, menjadi produktif di dua sisi dunia, offline dan online adalah sebuah kelebihan yang bisa dikembangkan dalam diri Anda, para freelancer lokal.

Selamat mencoba!

Sumber


TAGS Internet


-

Author

Follow Me